Kamis, 09 Agustus 2012

Tips & Trik Membaca Cepat

Annida-Online-- Di era arus informasi yang begitu cepat dan dunia perbukuan terus dibanjiri buku baru tiap harinya, membaca cepat sepertinya menjadi skill wajib manusia modern, ya, Sob. Yang menjadi paradoks adalah, kemampuan kita menikmati suatu bacaan masih minim. Bahasa kasarnya: minat baca masyarakat kita masih rendah banget. Maka dari itu kita perlu mengetahui tips dan trik asyik dalam membaca.

Kamis (28/6) bertempat di panggung utama event akbar tahunan Jakarta Book Fair (JBF) 2012, psikolog Linda Suptadji memberikan seminar tentang membaca di hadapan hadirin JBF. Menurutnya, membaca yang baik justru bukanlah membaca cepat seperti yang digadang-gadang oleh kebanyakan orang. Kuncinya adalah tau kapan harus membaca cepat dan kapan harus melambat.

“Menurut Mortimer J. Adler, membaca cepat belum tentu efektif. Justru harus disesuaikan dengan tema. Kalau bagian sudah kita ketahui ya baca cepat saja. Nah, pada bagian yang penting yang sesuai dengan kebutuhan kita, justru harus tetap diperlambat,” ungkap Linda.

Senada dengan Mortimer, membaca memang mengajak kita untuk menggunakan otak kanan dan otak kiri. Otak kiri membantu kita membaca kata per kata. Sedang otak kanan membantu melihat sebuah bacaan secara keseluruhan, terserah mau mulai membaca dari bagian mana saja.

Linda juga menambahkan, bahwa ada beberapa tips dan trik agar membaca menjadi efektif dan senikmat cokelat. Diantaranya mengambil posisi duduk tegak dan santai, mengetahui gambaran besar dan tujuan kita membaca buku tersebut, fokus, berimajinasi dan berdialog dengan buku tersebut, membuat mind map setelahnya.

“Membaca yang baik itu mendapatkan informasi yang kita butuhkan, bukan sekedar mengetahui apa yang penulis sampaikan. Makanya, lebih baik menyerap 20% isi buku tapi kita dapat apa yang kita butuhkan ketimbang menyelesaikan membaca sebuah buku hingga tuntas tapi kita tidak mendapatkan apa yang kita butuhkan,” tutup Linda.

Hmmm... boleh juga tuh, Sob, tips dan wejangan tentang membaca dari Linda. Apalagi untuk kamu yang mau serius jadi penulis. Karena membaca dan menulis itu ibarat jodoh yang nggak bisa dipisahkan. So, kalau mau dapat jodoh yang baik, eh, kalau mau mendapatkan tulisan yang baik, jemput saja jodohmu alias rajin-rajin baca buku! ^___^ [nurjanah]

sumber : http://www.annida-online.com


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India